Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memahami dan Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris dengan Cepat

Mengenal tenses dalam Bahasa Inggris bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup besar. Namun, jangan khawatir! Ada cara mudah untuk menghafal 16 tenses dengan cepat dan efektif.

Pertama-tama, fokuslah selama satu minggu untuk memahami konsep dasar tenses dengan baik. Tenses adalah kunci dasar dalam grammar Bahasa Inggris, jadi sangat penting untuk memahaminya dengan baik.

Setelah memahami konsep dasar, mari kita lihat jenis sifat kegiatan yang terjadi dalam tenses. Ada yang sudah terjadi, belum terjadi, sedang terjadi, sering terjadi, telah selesai terjadi, dan terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, ada juga jenis waktu kejadian yang terdiri dari present tense (untuk waktu masa kini), past tense (untuk waktu masa lampau), future tense (untuk waktu masa mendatang), dan past future tense (untuk waktu yang akan terjadi di masa lampau).

Dari gabungan sifat dan waktu kegiatan tersebut, ada empat bentuk tenses yang perlu dikuasai, yaitu simple tense (untuk aktivitas yang terjadi masa kini, masa lampau dan masa mendatang), continuous tense (untuk aktivitas yang masih/sedang berlangsung), perfect tense (untuk aktivitas yang sudah selesai), dan perfect continuous tense (untuk aktivitas yang dimulai sebelum aktivitas lain dan masih berlangsung selama kurun waktu tertentu).

Untuk memudahkan pemahaman, saya memiliki beberapa catatan penting yang bisa menjadi panduan saat belajar tenses. Pertama, bentuk simple selalu berbentuk sederhana, present selalu menggunakan V1 atau V1 dengan modifikasi, past menggunakan V2, future menggunakan V1, dan past future merupakan kombinasi past dan future V1.

Kedua, present memiliki karakteristik to be: is/am/are, have/has, sedangkan past memiliki karakteristik to be: was/were, had. Ketiga, future memiliki karakteristik diawali dengan will, sedangkan past future memiliki karakteristik diawali dengan would.

Keempat, semua simple past menggunakan bentuk V2 kecuali kalimat nominatif dengan bentuk negatif (did not+V1). Kelima, semua bentuk continuous selalu menggunakan V-ing. Keenam, semua bentuk perfect menggunakan V3. Dan ketujuh, semua bentuk perfect continuous merupakan gabungan dari perfect dan continuous, dengan ciri been+V-ing.

Dengan menguasai catatan-catatan penting ini, kamu akan lebih mudah memahami dan menghafal 16 tenses dengan cepat dan efektif. Semoga bermanfaat dan sukses belajar Bahasa Inggris!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memahami dan Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris dengan Cepat"